NASIONAL-IS-ME INDOENSIA

nasionalisme_by_ophiestrife-d50x7iv
Indonesia telah di jajah oleh belanda 400 tahun yang lalu, dimulai dari tumbuhan pala dan cengkeh yang didapatkan dari kepulauan yang mereka sebut Hindia. Dengan harta yang tersebar luas di lebih dari 17.000 pulau, Indonesia bagaikan rumah bagi tambang emas terbesar di dunia, ekspor batu bara untuk pembangkit listrik, minyak kelapa sawit dan timah. Indonesia sudah di jajah lebih dari setengah abad dengan sadisnya hingga mengakibatkan kekayaannya terjual keluar negri dengan keuntungan yang minim. Namun sekarang Indonesia sudah mulai menjaga kekayaannya sendiri. Dorongan untuk melindungi ini merupukan salah satu karakteristik presiden Jokowi yang sudah mulai memimpin sejak 2014 lalu. Pasang surutnya nasionalisme di bidang ekonomi dapat berdampak pada goyahnya formula yang selama bertahun – tahun membawa investasi yang dibutuhkan oleh bangsa ke empat terpadat penduduknya di dunia hingga 250 juta jiwa.

Situasi Sekarang

Joko Widodo atau yang biasa disebut Jokowi, merupakan generasi baru dari politisi Indonesia. Tahun pertamanya di warnai dengan lambatnya ekonomi, kebakaran hutan yang begitu besarnya dan kebijakan yang semakin terlindungi, Termasuk juga pembatasan perdagangan, tarif impor dan persyaratan visa yang ketat bagi warga negara asing. Jokowi terus berencana untuk negosiasi kontrak ulang dengan perusahan pertambangan asing dan membatasi investasi luar negri di bank nasional. Pada 2013, Jokowi melarangekspor bijih logam demi mendorong pembangunan smelter, dengan alasan banyaknya hasil yang di dapat malah jatuh ke tangan asing. Hal ini menyebabkan penutupan tambang dan melonjaknya harga nikel secara global  Newmont Mining dan BHP BillitonNetwork mengundurkan diri dari Indonesia pada tahun 2016 dengan menjual aset pertambangan mereka kepada orang lokal. pemerintah ingin mengatur ulang syarat pertambangan yang sudah ada sejak masa kepemimpinan presiden Suharto pada 1980-1990.

Latar Belakang

Pulau – pulau yang luas, yang terbentang dari New York ke Alaska, merupakan tempat kerajaan – kerajaan hindu dan budha 1000 tahun yang lalu, sebelum beralih ke kerajaan islam melalui perdagaan dari Arab.setelah lebih dari 300 diduduki oleh Belanda, Indoensia akhirnya meraih kemerdekaan pada akhir perang dunia ke 2. Presiden pertama Soekarno dikenal oleh dunia karena sangan anti dengan retorika barat, ia digulingkan oleh tentara umum Suharto setelah kudeta 1965. Pemerintahan Suharto memberikan stabilitas negara dan pertumbuhan ekonomi yang kuat, hal ini juga memperkaya teman – temannya dan juga keluarganya. Saat krisis keuangan di Asia terjadi banyak demonstran yang turun ke jalan. Sebuah demokrasi yang baru muncul, Meskupun negara Indonesia memiliki kekuatan ekonomi yang tinggi namun lebih dari 40% masyarakatnya hanya berpenghasilan kurang dari 25.000 rupiah perhari. Indonsia berada di urutan yang hampir sama dengan Euthopia dan sangat rendah dalam pengecekkan kasus korupsi dan kemudahan melakukan bisnis. Sangat minimnya jalan dan pelabuhan yang ada membuat perdagangan ke China lebih murah dari pada ke sekitar Indonesia. pertambangan yang ada melibatkan 12% dari seluruh ekonomi di Indonesia yang di dalamnya terdapat dari batu bara, gas dan minyak kelapa sawit.

Kesimpulan

Presiden Indonesia ingin mengurangi komuditas yang ada dan lebih mendorong investasi di bidang manufaktur dan layanan untuk mengikuti jejak negara maju seperti korea selatan dan menciptakan kekayaan yang cukup. dengan banyaknya populasi yang haus akan pekerjaan, politisi telah menanamkan jiwa nasionalis untuk dapat melayani diri masyarakatnya secara pribadi. Setelah semuanya selesai, negara – negara dari Austria hingga Zimbabwepun melakukan hal yang sama dalam mengembangkan sumber dayanya. dari semua permasalahan yang ada, mereka percaya bahwa Indonesia harus lebih fokus didalam merombak sistem pendidikan dan infrastruktur untuk meningkatkan produktivitas negara dan membantu meningkatkan ekonomi di Indonesia.

 

Naufal Alif Aldhian (155150200111119)

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s