[OPINI] Dimana Identitasku ?

 

10509-dries-van-noten

 

Sebuah identitas, merupakan hal yang cukup unik untuk dibahas. Bagaimana tidak, identitas bisa disebut sebagai tanda pengenal, ciri khas yang mencerminkan diri pribadi, bahkan dapat menggambarkan sebuah karakter. Beranjak ke ranah yang lebih luas, identitas sebuah bangsa merupakan ciri khas yang tidak lain adalah sebuah cerminan pribadi sebuah bangsa yang membedakannya dengan bangsa lain.

Dalam tulisan ini kita akan singgung sepintas tentang budaya sebagai identitas dari sebuah bangsa, Indonesia. Ditengah lancarnya arus globalisasi yang hampir tanpa ada batasan terhadapnya, tak heran ketika persilangan budaya juga merupakan bagian dari dampak globalisasi menjadi hal yang wajar terjadi. Seperti yang kita ketahui budaya dari luar masuk, dan budaya dari dalam keluar , bebas, bukanlah hal yang aneh ditengah arus globalisasi ini. Namun perlu kita ingat, hubungan antara budaya sebagai identitas suatu bangsa dengan keadaan yang terjadi saat ini, penulis katakan kurang relevan. Kita kupas satu persatu mulai dari budaya. Budaya yang dimaksud dalam konteks ini adalah budaya sikap dan moral bangsa Indonesia. Kita bangsa Indonesia yang bisa dikatakan orang timur,sudah sejak dulu dikenal memiliki budaya yang sopan, santun, murah hati, dan peduli dimana poin – poin tersebut bersumber dari norma – norma yang telah berlaku sejak nenek moyang kita, yang tentunya juga sesuai dengan karakter bangsa Indonesia. Namun karena pengaruh globalisasi, lagi – lagi kita bahas globalisasi, yang membuat batas antar bangsa bergeser ke identitas. Kenapa bisa penulis katakana seperti ini? Ketika batas teritori tidak lagi menjadi batasan arus globalisasi, hanya budaya lah yang menjadi batas sebagai sebuah identitas pembeda antar suatu bangsa.

Ketika kita amati bersama, akibat dari persilangan budaya tersebut adalah budaya orang timur semakin tergerus. Hal yang paling mencolok yang dapat kita lihat sebagai bukti semakin surutnya budaya ketimuran adalah pada moral dan sikap anak muda Indonesia. Sering kita dengar dalam berita generasi muda Indonesia saat ini tidak sedikit yang berpindah kiblat ke arah budaya barat. Tak bisa dipungkiri Indonesia yang memiliki pandangan hidup sendiri, Indonesia yang memiliki pancasila, yang memiliki tujuan dan cita – cita sendiri seakan susah mewujudkannya.

Berbicara mengenai cita – cita dan tujuan hidup bangsa, sudah seharusnya sebuah Negara menjunjung tinggi dan mengedepankan apa yang menjadi tujuan dari bangsa tersebut, karena ketika kita berkaca pada Negara maju mungkin, itu merupakan hal yang wajar demi mengukur tingkat kemajuan sebuah bangsa. Tapi yang perlu kita ingat bersama adalah maju nya Indonesia dan maju nya Amerika Serikat adalah berbeda. Kita memiliki kiblat sendiri yang menjadi tujuan dan cita – cita bangsa kita sendiri. Kita ambil contoh mereka memiliki ideologi liberal yang memang cocok dengan culture yang ada disana, dan tidak mungkin juga kita akan menerapkannya di Indonesia yang sekali lagi penulis bilang bahwa kita memiliki arah kiblat yang berbeda.

Dalam tulisan ini yang ingin penulis tekankan adalah  mari kita generasi muda penerus bangsa tidak meninggalkan tingkah laku orang timur sebagai budaya yang merupakan identitas bangsa Indonesia, karena apa ? ditengah keadaan invisible border antar bangsa yang merupakan dampak globalisasi sekarang ini, hanya budaya lah yang dapat membedakan Indonesia dengan bangsa lain. Namun perlu diingat juga bukan berarti kita harus tertutup, karena bisa jadi itu menjadikan boomerang yang mengancam masa depan bangsa. Kita memiliki pancasila, kita memiliki filter untuk menyaring mana yang harus di ambil dan mana yang harus ditinggalkan, karena sudut pandang dalam kita berpikir sebagai sebuah bangsa berada pada nilai – nilai yang terkandung di dalam Pancasila.

 

*Agung Wahyu Setio Budi / 155150200111070

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s